Cerita Mantan Guru Honorer yang Sukses jadi Pemimpin

‘Mie Boleh Instan, Sukses Tetap Berproses’. (Taslim SPd MSi)

Lubuklinggau, BLLG – Siapa menyangka, kalau sosok Kepala Madrasah (Kamad) Madrasah Aliyah Negeri (MAN) 1 Model Lubuklinggau, Taslim SPd MSi, merintis karirnya di dunia pendidikan pada 2002 sebagai guru honorer.

Bahkan, saat dibincangi Berita Lubuklinggau, Senin (2/8/2021), Taslim sendiri mengaku tidak pernah bermimpi menjadi orang nomor satu di sebuah Madrasah Aliyah ternama di Kota Lubuklinggau ini.

Namun berkat kerja keras dan kegigihan pria kelahiran Desa Pulau Panggung, Kecamatan Muara Kelingi, Kabupaten Musi Rawas ini, sejak 2005 dirinya sudah menjadi Aparatur Sipil Negara (ASN) pada tahun 2005 dan ditugaskan di MAN 2 Lubuklinggau.

Selanjutnya, pada 2009 hingga 2011, prestasi Taslim mendapat apresiasi dari Kemenag RI, berupa beasiswa Program S2 di Institut Pertanian Bogor (IPB).

Kemudian pada 2015, suami dari Eva Susianti SPd ini juga mengikuti Diklat Calon Kepala Madrasah yang diadakan oleh Lembaga Pengembangan dan Pemberdayaan Kepala Sekolah (LPPKS), di Kota Solo.

“Setelah itu, pada 2016, saya ikut asesmen Kepala Madrasah yang diadakan Kanwil Kemenag Provinsi Sumatera Selatan. Alhamdulillah, Mei 2016, diangkat menjadi Kepala MAN 2 Kota Lubuklinggau melalui proses lelang terbuka,” ujar Taslim.

Sekira setahun memimpin MAN 2 Lubuklinggau, lanjut dia, barulah pada Juni 2017 dipindahtugaskan sebagai Kepala MAN 1 Model Kota Lubuklinggau. “Rejeki tidak ada yang tahu,” ujar Taslim.

Tak sampai disitu, selama memimpin MAN 1 (Model) Lubuklinggau, sejumlah prestasi banyak ditorehkan melalui peserta didiknya di MAN 1 Lubuklinggau.

“Sesuai moto kami di MAN 1 Model Lubuklinggau, ‘Prestasi Unggul dan Berintegritas’, baik di bidang akademik maupun non akademik,” sebutnya.

Kamad MAN 1 Model Lubuklinggau yang hobi berolahraga ini membeberkan, hingga kini, para siswa MAN 1 Model Lubuklinggau mampu memberikan prestasi yg membanggakan.

“Diantaranya, Juara Umum Kompetisi Sains Madrasah (KSM) tingkat provinsi. Hampir setiap tahun terpilih menjadi anggota paskibra provinsi. Hingga menjadi salah satu sekolah favorit di Kota Lubuklinggau,” paparnya. (lfl/DO)

error: Maaf Konten Di Proteksi