Cabor Balap Sepeda Kota Lubuklinggau Masuk Unggulan DBON SUMSEL

Lubuklinggau, BLLG – Cabang olahraga balap sepeda Kota Lubuklinggau, patut mendapatkan apresiasi acungan jempol. Balap sepeda ini sudah tiga kali juara umum di ajang Pekan Olahraga Provinsi (Porprov) Sumsel, Kamis (17/2/22).

Olahraga yang berada di bawah naungan Ikatan Sport Sepeda Indonesia (ISSI) Kota Lubuklinggau ini semakin melejit, ISSI sendiri dibawah kepemimpinan Ketua Febrio Fadillah (Rio). Target utama kedepan pria yang juga Penasehat SMSI Silampari ini, akan memperjuangkan Balap Sepeda Kota Lubuklinggau menjadi salah satu olahraga unggulan serta masuk dalam penetapan cabor Desain Besar Olahraga Nasional (DBON).

Hal ini ditetapkan sesuai dengan Peraturan Presiden (Perpres) RI nomor 86 tahun 2021 tentang Desain Besar Olahraga Nasional (DBON).

Febrio Fadillah mengatakan, Cabor Balap Sepeda ISSI Kota Lubuklinggau ini sudah meraih juara umum tiga kali berturut-turut diajang Porprov Sumsel, yang merupakan dukungan penuh Walikota Lubuklinggau, DPRD Kota Lubuklinggau, Koni Kota Lubuklinggau, terkhusus Ketua ISSI Sumsel sebagai Pemrakarsa.

Cikal Bakal ISSI Kota Lubuklinggau dan pengurus ISSI Kota Lubuklinggau, terdahulu harus disertai kerja keras para atlet dan pelatih, ciptakan kekompakkan antar sesama dan latihan yang rutin. “Insyallah, cabor Balap Sepeda masuk dalam DBON,” jelasnya.

Kami mengucapkan banyak terima kasih kepada semua pihak, sehingga Balap Sepeda Kota Lubuklinggau bisa sehebat ini, ucapnya.

Kemudian lanjut Rio, mengenai DBON, pihaknya berharap KONI Sumsel menjadi Pemrakarsa pemetaan cabor yang masuk dalam DBON. Bila sudah masuk dalam pemetaan DBON tentunya akan diatur dalam Peraturan Walikota (Perwal), sehingga ada kejelasan untuk pembinaan berkelanjutan sampai dengan jenjang tertinggi, tegasnya.

Berdasarkan hasil rakor KONI se-Sumsel pada bulan Desember lalu, Ketua Koni Sumsel akan mempelajari bersama Pengurus mengenai 14 Cabor unggulan yg akan dipetakan tiap-tiap daerah dalam DBON yakni diantaranya: Badminton, Angkat Besi, Panjat Tebing, Panahan, Menembak, Wushu, Karate, Taekwondo, Balap Sepeda, Atletik, Renang, Senam Artistik, Dayung dan Pencak Silat.

“Kita sangat berharap Atlet Balap Sepeda bisa diberikan pembinaan hingga ke jenjang Nasional dan Internasional,” harapnya.

Tanggapan Walikota Lubuklinggau, H. SN Prana Putra Sohe, beliau mengatakan, dirinya merasa bangga dan senang, karena Cabor Balap Sepeda Kota Lubuklinggau terpilih menjadi Cabor andalan Koni Sumsel.
Apalagi satu diantara 14 Cabor tersebut adalah Balap Sepeda.

Saya mendukung program Kementerian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora) RI Tentang Desain Besar Olahraga Nasional (DBON) sesuai implementasi Perpres nomor 86 tahun 2021. “Dirinya merasa bangga atas pencapaian Cabor Balap Sepeda menjadi juara umum tiga kali berturut diajang Porprov Sumsel, terlebih seluruh atlet ISSI asli warga Kota Lubuklinggau,” ungkap Wako.

Sejak priode pertama Walikota Lubuklinggau, mempunyai harapannya ingin me jadikan kota Lubuklinggau menjadi kota sepeda. Untuk lokasi telah disiapkan dan dipusatkan di Bukit Sulap. “Saya yakin ketua ISSI terpilih mampu untuk melakukan pembinaan para atlet sepeda,”tutup Wako. (*)

error: Maaf Konten Di Proteksi