Bupati Hj. Ratna Machmud Buka Lomba BBGRM Tingkat Provinsi, Dengan Harapan Tumbuhkan Semangat Membangun Desa

Musi Rawas, BLLG – Bupati Musi Rawas, Hj. Ratna Machmud membuka secara langsung Lomba Bulan Bhakti Gotong Royong Masyarakat (BBGRM) dan Lomba Desa Tingkat Provinsi Sumatera Selatan Tahun 2022, di Desa Marga Sakti, Kecamatan Muara Kelingi, Kamis (2/6/2022).

Acara tersebut juga dihadiri Dandim 0406 Lubuklinggau Letkol Arm Anggeng Prasetyo Sulistyo, SE, Kapolres Musi Rawas AKBP Achmad Gusti Hartono, Kepala OPD, Camat Muara Kelingi, Kabid Bina Pemdes, Drs. Uzirman Irwandi, MM, dan Tim Penilai Lomba serta masyarakat yang hadir

Kepala Dinas PMD Sumsel, Nelson Firdaus, mengatakan ada empat tujuan dari lomba ini yakni, pertama untuk memotivasi agar desa bersaing secara sportif dalam melaksanakan roda pemerintahan dan pemberdayaan masyarakat. Kedua untuk evaluasi sejauh mana pelaksanaan kewenangan yang diberikan desa, kemudian ketiga, untuk memberikan apresiasi terhadap apa yang telah dilakukan Pemerintah Desa, serta keempat, nantinya jika juara akan diikutkan di tingkat Nasional.

Sementara, Bupati Hj. Ratna Machmud menyampaikan dalam pencanangan Desa Membangun perlu adanya peran serta masyarakat untuk meningkatkan swadaya yakni melalui gotong royong, karena gotong royong merupakan budaya bangsa dan dapat menambah kekompakan serta rasa kekeluargaan antar masyarakat.

“Saya berharap desa yang dilombakan, menjadi semangat untuk desa lainnya yang ada di Musi Rawas. Untuk itu agar program ini dilakukan secara berkelanjutan karena manfaatnya sangat besar untuk mewujudkan Musi Rawas Mantab, Maju Mandiri Bermartabat (Mantab),” harap Bupati.

 

Bupati juga memberikan apresiasi dan terima kasih kepada seluruh pihak terkait dengan dilaksanakannya penilaian Lomba BBGRM dan Lomba Desa ini,

“Semoga kegiatan ini dapat berjalan dengan lancar sesuai dengan yang diharapkan,” ujarnya.

Acara kemudian dilanjutkan dengan peninjauan lokasi lomba dan penilaian oleh Tim Penilai Lomba BBGRM dari Provinsi Sumatera Selata. (YA)

Penulis: Yuyung AnggaraEditor: Rah Zainal