Bungee Jumping Olahraga Ekstrem Pemicu Adrenalin

 

Berita Lubuklinggau – Olahraga ini memang menjadi salah satu dari kelompok olahraga ekstrim dan menarik. Anda harus melakukan lompatan dari ketinggian tertentu bahkan hingga puluhan meter, tentunya dilengkapi dengan tali dan set pengaman di tubuh.

 

Sehingga ketika lompat Anda akan merasakan seperti sedang terbang dan ada sensasi yang mampu meningkatkan adrenalin. Ada begitu banyak tempat yang menyediakan fasilitas bungee jumping untuk Anda coba tentunya dengan pengawasan ahlinya.

 

Melompat dari ketinggian puluhan meter dengan hanya mengandalkan bungee cord khusus sebagai alat pengaman, tentu akan memberikan pacuan adrenalin yang luar biasa.

 

Bungee jumping adalah olahraga yang dilakukan dengan melompat dari ketinggian puluhan meter di atas permukaan air. Dilengkapi dengan tali pengaman serta pendamping berpengalaman, aktivitas ekstrem ini sering diburu para pencinta adrenalin.

 

Bungee jumping hanya boleh dilakukan bagi yang sudah berusia 16 tahun ke atas. Setiap tempat dengan fasilitas kegiatan ini biasanya sudah menyediakan semua peralatan yang diperlukan, sehingga Anda tidak perlu membawa apapun.

 

Berikut peralatan yang digunakan saat bungee jumping untuk memastikan keamanan Anda:

 

Tali bungee

Tali bungee adalah komponen utama dalam bungee jumping. Tali ini akan diikatkan ke pergelangan kaki dan dihubungkan ke sebuah tali lebih panjang menggunakan rantai sehingga kuat menopang berat badan.

Tali bungee sendiri biasanya terbuat dari karet atau lateks yang fleksibel. Tali ini diganti secara berkala untuk memastikan kekuatan dan elastisitasnya tetap terjaga.

 

Tali pengaman

Sabuk atau semacam tali pengaman akan dipasang di badan dan lagi-lagi di pergelangan kaki untuk memastikan Anda benar-benar aman saat melompat.

 

Ekstra tali karet

Beberapa fasilitas bungee jumping juga menyediakan pengaman tambahan berupa ekstra tali karet.

 

Manfaatnya: Menghilangkan stress, melatih kelenturan tubuh, melancarkan peredaran darah ke otak, dan bisa menjadi terapi untuk mengatasi phobia pada ketinggian.

 

Penulis : Een Aswi Ayufi (6020007)

Dibimbing oleh Dosen Pengampu : Wawan Syafutra, M.Pd

error: Maaf Konten Di Proteksi