Baznas Luncurkan Klinik Linggau Sehat

 

 

*Gelar Sunat Massal & Donor Darah

Lubuklinggau, BLLG – Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) Kota Lubuklinggau, akhirnya meresmikan Klinik Linggau Sehat. Sehingga, cukup dengan membawa fotokopi identitas diri, masyarakat bisa menikmati fasilitas berobat gratis.

 

Seperti terungkap saat Asisten I Bidang Pemerintahan dan Kesra Setda Kota Lubuklinggau, Kahlan Bahar, didampingi Kepala Dinas Kesehatan (Kadinkes), Cikwi melaunching Klinik Linggau Sehat yang dirangkai dengan giat sunat massal dan donor darah di Kompleks Masjid Agung As-Salam Kota Lubuklinggau, Kamis (30/12/2021).

 

Dalam sambutannya, Kahlan Bahar mengatakan, Pemkot Lubuklinggau sangat mengapresiasi atas peluncuran Klinik Linggau Sehat dan seluruh rangkaian kegiatan yang digagas oleh Baznas Kota Lubuklinggau ini, karena menyentuh langsung kepada masyarakat.

 

Kahlan juga menyampaikan, Baznas adalah badan resmi yang dibentuk pemerintah, serta memiliki tugas dan fungsi menghimpun zakat maupun infak untuk disalurkan kepada yang berhak.

“Hebatnya lagi, Baznas juga berinisiatif mendirikan Klinik Linggau Sehat sembari melaksanakan kegiatan sosial kemasyarakatan. Seperti donor darah dan khitanan massal ini,” ujarnya.

 

Lanjut Kahlan, dengan adanya Klinik Linggau Sehat ini, Pemerintah Kota (Pemkot) Lubuklinggau merasa terbantu, selaku mitra Baznas Kota Lubuklinggau. “Dengan program Baznas ini, makin banyak warga Kota Lubuklinggau yang kurang mampu jadi tertolong. Terutama dalam hal pengobatan gratis,” ungkapnya.

 

Dirinya berharap, agar Baznas tetap bersinergi dengan Pemkot Lubuklinggau dan kegiatan sosial seperti ini dapat dilakukan secara berkelanjutan. “Yakinlah, setiap perbuatan baik, pasti akan mendapatkan ganjaran amal pahala di sisi Allah SWT,” ujarnya.

 

Sementara itu, Kepala Baznas Kota Lubuklinggau, Drs H Harnan mengatakan, Klinik Linggau Sehat sebenarnya didirikan pada 2017 lalu. Tapi karena adanya Pandemi Covid-19, sehingga klinik tersebut mengalami kevakuman dan baru kini bisa diresmikan.

 

Adapun tujuan didirikannya Klinik Linggau Sehat, sebut Harnan, yakni sebagai salah satu sarana mensyiarkan ajaran agama Islam, memberikan bantuan pelayanan kesehatan kepada masyarakat kurang mampu, serta mensosialisasikan fungsi zakat, infak dan sedekah.

 

“Baznas Kota Lubuklinggau, melaksanakan kegiatan Launcing Klinik Linggau Sehat disertai Sunat masalah dan donor darah sesuai dengan Program yang sudah diatur dalam perencanan Baznas kota Lubuklinggau di tahun 2021,” jelas Harnan.

 

Untuk sunatan masal, lanjut dia, antusias masyarakat sangat luar biasa. Buktinya, 100 peserta dari seluruh kecamatan yang ada di Kota Lubuklinggau, mengirimkan 10 peserta sunat massal. Sedangkan untuk peserta donor darah diikuti sekira 10 peserta.

 

“Giat sunatan massal ini, kami tujukan kepada para mustahik. Seperti, anak-anak yang kondisi orang tuanya kurang mampu, maka kami prioritaskan,” terangnya.

 

Ia juga menerangkan, Klinik Linggau Sehat, memang memprioritaskan kepada warga yang kurang mampu, seperti para mustahik yang ada di Kota Lubuklinggau. Selain itu, juga tidak menutup kemungkinan untuk masyarakat umum yang ingin berobat, tetap dilayani.

 

“Di Klinik Linggau Sehat juga ada dokter penanggungjawab dan dua orang perawat. Bagi masyarakat yang ingin berobat, silakan membawa fotokopi KTP dan KK, karena memang dikhususkan untuk warga Kota Lubuklinggau. Insyaallah, Klinik Linggau Sehat, buka setiap hari, mulai pukul 08.00 WIB,” bebernya.

 

Tak lupa, Harnan juga mengucapkan terimakasih kepada Pemkot Lubuklinggau, Dinkes dan para donatur, sehingga kegiatan donor darah dan khitanan massal ini, dapat berjalan lancar sebagaimana diharapkan.

 

Dalam acara tersebut, hadir pula sejumlah kepala OPD, perwakilan Lapas Kelas II Lubuklinggau, perwakilan Kantor Kemenag Kota Lubuklinggau, camat, tokoh masyarakat, tokoh agama dan pengurus masjid.(Nal/DO)