Akbid Nusantara Gelar Kuliah Umum Teknik Hypnobirthing Pada Ibu Hamil 

 

 

Lubuklinggau, BLLG – Hypnobirthing adalah teknik persalinan yang melibatkan teknik relaksasi dan hipnosis (self hypnosis). Berkat adanya teknik relaksasi dan self-hypnosis pada hypnobirthing inilah yang membuat tubuh ibu dapat merasa jauh lebih rileks selama proses persalinan.

 

Untuk itu, guna memberikan edukasi penting terkait hypnobirthing, Kampus Akbid Nusantara Lubuklinggau menggelar Kuliah umum dengan  materi “Teknik Hypnobirthing Pada Ibu Hamil” yang diselenggarakan di Kampus Akbid Nusantara Lubuklinggau pada Minggu pagi (19/06/2022).

 

Hadir dalam acara tersebut Direktur Akbid Nusantara Hj. Suyatmi, S.KM., M.kes, Para citivitas Akbid Nusantara, Dosen Pemateri Neng Yanti Widiyanti.S.ST., M.kes, serta para mahasiswi Akbid Nusantara. Acara berlangsung proaktif dan sukses dengan penuh antusias dari Mahasiswi Akbid Nusantara Lubuklinggau.

Direktur Akbid Nusantara Hj.Suyatmi SKM.M.kes saat diwawancarai media Berita Lubuklinggau mengatakan kegiatan hari ini merupakan agenda rutin kampus dalam memberikan materi tambahan hypnobirthing, dan ini baru satu-satunya dilakukan oleh sekolah kebidanan di Lubuklinggau.

 

“Sengaja kami mencari narasumber yang berkompeten untuk menambah wawasan para anak-anak didik di kampus tentang hypnobirthing. Untuk diketahui bahwasanya Kampus Akbid Nusantara Lubuklinggau ini, terus hadir dan berkomitmen mencetak para bidan-bidan yang berkompeten di bidangnya serta (terdidik)religius dan Berakhlak Mulia,” ungkap Suyatmi.

 

Sementara itu, Neng Yanti Widiyanti.S.ST.,M.kes sebagai pemateri Hypnobirthing mengungkapkan harapannya agar mahasiswa dapat menerapkan dan mengaplikasikan ilmu tersebut begitu bertemu dengan pasien yang akan melahirkan sehingga bisa mengurangi rasa sakit yang di alami oleh pasien.

 

“Karena pada dasarnya persalinan normal itu pasti mengalami sakit yang alami. Artinya dalam materi yang disampaikan hari ini bagaimana cara mahasiswa itu menerapkan metode dan teknik tersebut agar dapat mengurangi rasa sakit pada ibu hamil yang akan melahirkan,” ujar Neng.

 

Neng melanjutkan bahwa manfaat dari hipnobirthing adalah pasien tidak merasakan rasa sakit dan nyeri pada saat proses persalinan, rasa nyeri akan ditekan dan hasilnya pasien akan merasakan rileksasi dalam proses persalinan.

 

“Harapan kami kerena hypnobirthing ini adalah salah satu keunggulan kampus kita (Akbid Nusantara LubukLinggau) jadi anak anak nanti begitu lulus dari sini dapat menerapkan konsep hypnobirthing serta dapat bermanfaat bagi sebanyak-banyaknya masyarakat yang membutuhkan,” tutupnya. (*)