Perpustakaan Kabupaten Musi Rawas Terbukti Meningkatkan Minat Baca Kaum Pemuda

Perpustakaan Sebagai Pusat Ilmu Pengetahuan

 

Musi Rawas, BLLG- Dewan Pimpinan Cabang Gerakan Mahasiswa Nasional Indonesi (DPC GMNI) Kabupaten Musi Rawas, sangat mengapresiasikan atas di bangunnya Gedung Perpustakaan Daerah Kabupaten Musi Rawas.

 

Seperti yang sudah diresmikan oleh, Kepala Perpustakaan Nasional RI (Perpusnas), Muhammad Syarif Bando, bersama Bupati Musi Rawas, Ratna Machmud, meresmikan Gedung Layanan Perpustakaan Daerah Kabupaten Musi Rawas, pada Jumat (21/10/2022) yang lalu.

 

Gedung perpustakaan ini mempunyai tiga lantai yang berada di Kecamatan Tugumulyo, Kabupaten Musi Rawas, dibangun menggunakan Dana Alokasi Khusus (DAK) bidang pendidikan subbidang perpustakaan tahun 2021 sebesar Rp. 10 miliar dari pemerintah pusat.

 

Razi Efriyanza, Ketua Cabang GMNI Kabupaten Musi Rawas menyampaikan, perpustakaan mempunyai peran penting sebagai pusat ilmu pengetahuan bisa melahirkan inovasi maupun kreativitas. perpustakaan juga sebagai pusat pemberdayaan masyarakat untuk mengembangkan potensi yang berbasis literasi. Dan yang terakhir peran perpustakaan sebagai pusat kebudayaan.

 

Lanjut Razi, Jika kita menilik pada data UNESCO, minat baca masyarakat Indonesia sangat memprihatinkan, hanya 0,001%. Artinya, dari 1,000 orang Indonesia, cuma 1 orang yang rajin membaca.

 

“Dengan hadirnya serta diresmikannya Gedung Layanan perpustakaan daerah di Kabupaten Musi Rawas, harapannya dapat meningkatkan minat baca masyarakat, membuka cakrawala berpikir Pemuda dan Mahasiswa yang ada di kabupaten Musi Rawas, serta melahirkan inovasi maupun kreativitas yang memang Mantab,” ungkap Razi, Ketua Cabang GMNI Kabupaten Musi Rawas

 

Selanjunya, DPC GMNI Kabupaten Musi Rawas, memberikan apresiasi dan penghargaan yang setinggi-tingginya atas komitmen Bupati Musi Rawas, dalam upaya mencerdaskan anak bangsa sesuai dengan amanat undang-undang.

 

“Kami ucapkan selamat dan sukses untuk Bupati Hj Ratna Mahmud yang telah komitmen mendirikan Gedung Layanan Perpustakaan Daerah di Desa F Trikoyo Kec. Tugumulyo Kabupaten Musi Rawas,” pungkasnya. (*)

Penulis: Rah ZainalEditor: Bayu Sembiring
error: Maaf Konten Di Proteksi