70 WBP Terima Vaksinasi Covid-19

*Rudik : Warga Binaan juga Perlu Diperhatikan Kesehatannya

Musi Rawas, BLLG – Sedikitnya 70 warga binaan pemasyarakatan (WBP) dari 707 WBP di Lapas Narkotika Kelas IIA Muara Beliti, Kabupaten Musi Rawas (Mura), Jumat (13/8/2021).

Pemberian vaksinasi Covid-19 bagi WBP di Lapas Muara Beliti itu, bekerjasama dengan Pemerintah Kabupaten Mura melalui Dinas Kesehatan (Dinkes) dan Polres Mura.

Kepala Lapas (Kalapas) Narkotika Kelas IIA Muara Beliti, Rudik Erminanto menjelaskan, pemberian vaksinasi tersebut sebagai wujud kepedulian pihak lapas kepada warga binaannya.

Meski begitu, Rudik sedikit menyayangkan bahwa saat ini baru 10 persen WBPnya yang bisa mendapatkan vaksinasi. Menurut dia, masalah identitas diri, seperti KTP-el dan KK dari 637 WBP lainnya, belum lengkap.

“Kami sudah berkoordinasi dengan Bupati Mura Hj Ratna Machmud dan Dinkes Kabupaten Mura. Alasannya, 70 WBP yang menerima vaksinasi ini, identitas dirinya lengkap. Jadi yang 637 WBP lainnya, belum bisa divaksinasi,” beber Rudik.

Kedepannya, lanjut Rudik, pihaknya akan berkoordinasi kembali dengan stakeholders terkait, agar seluruh WBP di Lapas Narkotika Kelas IIA Muara Beliti, dapat menerima vaksin Covid-19.

“Harapan kami, seluruh WBP di Lapas Muara Beliti ini bisa sehat dengan menerima vaksinasi. Jadi, tidak hanya petugas lapas saja yg sehat, tetapi seluruh penghuni lapas juga harus sehat,” harapnya.

Di kesempatan yang sama, Kepala Bidang (Kabid) Sumber Daya Kesehatan (SDK) Dinkes Mura, Nasrul Bayuni mengatakan, Dinkes Mura berperan mengawasi dan memfasilitasi setiap pelaksanaan vaksinasi yang berlangsung di Kabupaten Mura, termasuk di Lapas Muara Beliti.

“Dinkes Mura akan mengupayakan agar seluruh WBP di Lapas Muara Beliti ini bisa menerima vaksinasi. Sembari melihat situasi dan kondisi di lapangan,” terang Nasrul.

Salah seorang WBP yang enggan disebutkan namanya, mengaku sangat mengapresiasi kebijakan Lapas Muara Beliti memberikan vaksinasi kepada penghuni lapas. Bahkan, setelah menerima vaksin, dirinya mengaku sedikit lega karena peluang terpapar Covid-19 terminimalisir.

Pantauan Tim Berita Lubuklinggau, proses vaksinasi Covid-19 di Lapas Narkotika Kelas IIA Muara Beliti ini, berjalan dengan lancar dan menerapkan protokol kesehatan ketat.

Bahkan, sebelum menerima vaksinasi, seluruh peserta terlebih dahulu dilakukan pemeriksaan kesehatannya. Seperti diukur suhu tubuh, tekanan darah dan ditanyakan riwayat penyakit yang pernah diderita selama beberapa hari terakhir.

Setelah dilakukan pemeriksaan dan mengisi daftar hadir vaksinasi, para peserta vaksinasi yang dianggap layak menerima vaksin, langsung disuntikkan vaksinasi Covid-19 di bagian lengan. (Nal/DO)