Ini Ciri-Ciri Teman Yang Harus Di Hindari Dalam Kehidupan

Saat masih kecil semua anak diajarkan agar tetap memperlakukan orang lain dengan baik tanpa harus pilih-pilih. Namun jika sudah beranjak dewasa, kamu akan bertemu dengan orang yang memiliki karakter, watak, maupun latar belakang yang berbeda. Ada yang dapat dijadikan teman dan ada yang harus kamu hindari demi kebaikanmu.
Saat kamu beranjak dewasa, secara tidak langsung lingkungan sangat mempengaruhi perilaku diri kita termasuk pertemanan.

 

Jika kita berada di lingkungan teman dengan tingkah laku yang baik, maka kamu akan mendapatkan pelajaran dari lingkungan pertemanan tersebut. Dan sebaliknya, jika lingkungan temanmu buruk maka kamu akan terpengaruh oleh keburukan tersebut.

 

Orang-orang yang sifatnya buruk, sebaiknya harus kamu jauhi agar tidak menjadi boomerang dalam hidup kamu. Lalu, apa saja tipe teman yang harus dihindari demi kebaikanmu? Yaitu:

1. Perhitungan
Tentunya semua orang ingin memiliki teman yang ketika membantu, tidak mengharapkan imbalan apapun. Akan tetapi tipe teman seperti ini pasti akan selalu ada dengan mengungkit setiap yang dilakukannya. Sebaiknya tipe teman seperti ini harus dijauhkan.

2. Bermuka Dua
Apakah kamu punya teman yang bermuka dua? Yang dimaksud dengan bermuka dua adalah, suka membicarakan satu dengan lain dibelakang tapi terlihat baik jika berbicara di depan. Teman seperti ini tidak mungkin jika tidak ada di setiap lingkungan pertemanan. Teman seperti inilah yang seharusnya dijauhkan, karena sifatnya yang bermuka dua dapat merusak hubungan pertemanan.

3. Suka Menyalahkan
Teman yang seperti ini sangat merusak hubungan karena suka mengadu domba satu sama lain. Tentu saja ada teman yang tidak ingin disalahkan, dan tidak mau mengakui kesalahannya. Sebaiknya, tipe teman yang seperti ini juga harus dijauhi.

4. Tidak Pandai Bercanda
Mungkin agak konyol, tapi sebaiknya harus dihindarkan. Mengapa? Kebanyakan jika berteman, ada yang dengan alasan bercanda namun membuka aib temannya dan mengungkit kesalahan orang lain pada masa lalu yang dapat membuat orang tersebut merasa malu. “Ahh kamu baperan” jika salah satu ada yang tersakiti karena katanya hanya bercanda. Jika ingin bercanda, cobalah dulu pahami makna apa sebenarnya yang dimaksud bercanda . Bercanda adalah ketika dua pihak menerima lelucon dan saling terhibur, sedangkan saat menerima lontaran lelucon ada pihak yang merasa tersakiti itu tidak pantas di sebut bercanda melainkan penghinaan.

5. Memberi Kritik Tanpa Solusi
Mau tidak mau kehidupan tidak akan pernah berjalan baik. Dibalik itu, setiap orang butuh kehadiran orang lain termasuk teman untuk menilai dimana kekurangan dirimu. Bukan solusi yang didapat, malah kritikan tanpa solusi. Jauhi teman seperti ini, kebanyakan mereka yang suka mengkritik akan selalu menunjukkan ke orang lain bagian mana kekurangan yang kita miliki.

6. Suka Cari Perhatian
Apakah kalian pernah mendengar istilah saat cewe datang pelawak menjadi pendiam, dan pendiam menjadi pelawak? Ini merupakan salah satu contoh dari sekian banyak mengapa teman yang suka mencari perhatian harus dijauhkan. Karena teman yang seperti ini tidak menentu tingkah lakunya didepan tiap orang yang berbeda, dan pasti akan sangat memancing emosi dengan sikapnya yang seperti itu.

Menurut kamu,Tipe teman apalagi yang harus dijauhkan?

error: Maaf Konten Di Proteksi
Exit mobile version